Tuesday, November 30, 2010

Black Hole

Lubang Hitam Dalam Bahasa Inggris Disebut Black Hole, Adalah Sebuah Pemusatan Massa yg cukup besar hingga menhasilkan gaya gravitasi yg besar pula.Akibat Gaya gravitasi ini ia menghisap segala benda yg berjarak 2 mil dari lubang hitam.Jika suatu benda telah terhisap olehnya, maka ia tak akan bisa keluar lgi bahkan radiasi elektromagnetik (gelombang sinyal radio) dan cahaya tak bisa lolos dari gaya gravitasinya.

Ukuran lubang hitam bervariasi bisa berbentuk mikroskopis maupun raksasa.Teori lubang hitam ini pertama kali dimukakan pada abad ke-18 oleh John Michell Dan Pierre-Simon Laplace,Lalu dikembangkan lagi oleh ilmuwan dari jerman bernama Karl Schwarzschild, lalu pada tahun 1916, dengan berdasarkan teori relativitas umum oleh Albert Einstein dan semakin dipopulerkan oleh Stephen William Hawking.

Jumlah lubang hitam di alam semesta ini tidak hanya ratusan atau puluh ribuan namun jutaan bahkan miliaran.Para astronom dari berbagai macam negara percaya bahwa setiap galaksi pasti mempunyai sekitar100 juta lubang hitam di galaksiny, termasuk galaksi kita Bimasakti.

Asal terbentuknya lubang hitam adalah ketika suatu benda dengan massa yg besar tidak mampu menahan gaya gravitasinya sendiri maka terbentuklah sebuah lubang hitam.Besar lubang hitam selalu menambah setiap tahunya,Ini dikarenakan ia selalu menghisap setiap material disekitarnya.Besar lubang hitam juga bisa bertambah dengan cara bertabrakan dengan lubang hitam lain dan membentuk lubang hitam yg lebih besar dari sebelumnya.

Lubang hitam juga bisa terbentuk ketika 2 galaksi saling bertabrakan satu sama lain dan membuat lubang hitam yg sangat besar....oya hanya sekedar menambahkan saja......Galaksi kita Bimasakti dan Galaksi Andromeda ternyata saling mendekat setiap detik dengan kecepatan 300 Km per jam dan kedua galaksi tsb punya 1 lubang hitam di tengah" galaksinya itu berarti galaksi kita bisa menjadi lubang hitam 300 juta tahun lagi ( atau berapa lah ini info sementara mungkin bisa terganti).

Ada teori yg menyebutkan bahwa jika kita terhisap kedalam lubang hitam, kita akan pindah ke dimensi yg lain (?) dan sementara untuk teori itu, aq tdk akan menjelaskanya lebih lanjut karena ini juga membutuhkan rumus aljabar yg sangat sulit.

Aq liat di website hubble bahwa jika sebuah jam dijatuhkan ke black hole dan terhisap,jarum bergerak semakin lambat bahkan bisa berhenti namun jam di bumi tetap berjalan normal ini adalah teori relativitas. By: Albert Einstein.

Bayangkan jika kita terhisap tubuh kita akan memanjang dan akhirnya massa tubuh kita hilang.....jika temen" mo nyoba silahkan buka: http://hubblesite.org/explore_astronomy/black_holes/encyc_mod3_q16.html
dan liat hasilnya sendiri karena agak susah dijelasin....

Lubang hitam tidak akan ada selamanya, jika materi di sekitarnya sudah habis, pelan" ia akan mengembalikan kekuatanya kepada alam semesta,namun pengembalian energinya sangat lama bisa mencapai miliaran tahun.

Sebuah bintang juga dapat menjadi sebuah lubang hitam lho, tapi tenang saja matahari tidak akan menjadi lubang hitam karena matahari tidak mempunyai cukup massa untuk menjadi sebuah lubang hitam. Salah satu bintang yg bisa menjadi lubang hitam adalah Cygnus X-1 berjarak 8100 tahun cahaya dari bumi .Jika ingin liat proses pembuatan lubang hitam coba buka:
http://hubblesite.org/explore_astronomy/black_holes/encyc_mod3_q12.html

No comments:

Post a Comment